Hai, Girls! Apa kamu selama ini udah memerhatikan pola makan? Kalau yang kamu makan adalah makanan “baik”, tentu hasilnya bakal membuat tubuhmu sehat. Dalam hal ini, “baik” maksudnya mengandung gizi yang diperlukan oleh tubuhmu. Tapi memang menentukan makanan bergizi untuk tubuh nggak segampang itu kok, Girls. Untungnya, pemerintah punya panduan bernama Piring Makanku yang bisa bantu kamu seimbangkan gizi dan pola makan.

 

Apa Aja Isi Piring Makanku?

Demi bantuin masyarakat Indonesia, Kementrian Kesehatan membuat panduan makanan sehat yang dikenal dengan sebutan Piring Makanku. Piring Makanku adalah panduan satu porsi makan dalam satu piring yang terdiri dari empat unsur makanan seimbang yang diperlukan tubuhmu. Piring Makanku terdiri dari dari makanan pokok, sayur, buah, dan lauk pauk. Mengenai porsinya, area di piring dibagi menjadi dua bagian. Masing-masing bagian tersebut terbagi lagi menjadi dua, yakni sepertiga dan dua pertiga. Nah, kalau di bagian kiri diisi dengan 2/3 makanan pokok dan 1/3 lauk pauk, maka bagian kanan diisi dengan 2/3 sayuran dan 1/3 buah .

 

Sebagai makanan pokok, nasi merupakan sumber karbohidrat tubuh untuk dibakar menjadi energi. Sedangkan, sayur dan buah berfungsi sebagai sumber vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh buat memperkuat daya tahan. Beda lagi dengan lauk pauk yang terdiri dari ikan, daging, tahu, dan tempe. Mereka berfungsi sebagai sumber protein. Untuk minumnya sih cukup dengan air putih karena minuman satu ini diperlukan tubuh kamu agar nggak dehidrasi.

Batasi Gula, Garam, dan Minyak

Kalau udah menyiapkan porsi makan sesuai pedoman Piring Makanku, ada hal lain yang juga perlu kamu perhatikan, yakni asupan gula, garam dan minyak. Bukan berarti kamu nggak boleh makan makanan manis, Girls, tapi kamu cuma perlu membatasinya. Jadi buat kamu yang suka banget makan gorengan, sebaiknya kurangi mulai dari sekarang karena selain bisa bikin kamu gemuk, terlalu banyak minyak disertai kebersihan kulit yang kurang dijaga dan faktor hormon juga bisa memicu jerawat bermunculan. Nggak mau wajah cantikmu dihiasi oleh jerawat, kan? Maka dari itu, kontrol konsumsi makanan berlemakmu, ya! Ingat batasi gula garam lemak dengan mengonsumsi maksimal 4 sendok makan gula, 1 sendok teh garam dan 5 sendok makan minyak sehari.

Cuci Tangan Sebelum Makan

Percuma dong kalau asupan makanan kamu udah oke, tapi ternyata kamu masih jorok? Pastikan kamu mencuci tangan sebelum makan, ya. Kuman-kuman yang menempel di tanganmu bisa aja ikut masuk ke mulut bersama makanan dan kamu pun gampang terserang penyakit. Dengan mencuci tangan, kuman-kuman yang menempel bisa hilang dan kamu pun bisa makan dengan bersih dan sehat.

Piring Makanku bakal membantu kamu buat nentuin asupan gizi yang seimbang. Dengan begitu, gizi yang masuk ke tubuhmu nggak lagi berat sebelah, baik itu kebanyakan karbohidrat atau protein. Pastikan tubuhmu mendapat asupan gizi seimbang agar tetap sehat. Tubuh yang sehat bisa memancarkan kecantikan alamimu, lho, terutama buat kulit, rambut, dan kuku.