Siapa sih yang nggak kenal makanan satu ini? Kacang adalah teman setia saat kita lagi nonton TV, baca novel, atau saat ngerumpi bareng besties. Cemilan satu ini enak dinikmati dalam bentuk olahan apa pun, seperti dimakan langsung, sampai dijadikan bahan campuran buat kue. Nggak heran sih, karena kacang emang punya rasa yang lezat, kan? Tapi, dibalik rasanya yang lezat, kacang juga dipercaya bisa bikin kamu gemuk, karena kandungan lemak yang ada di dalam kacang. Nah loh, gimana dong? Jangan panik dulu ya Girls, kacang ada banyak macamnya dan nggak selalu bikin gemuk loh. Yuk, simak empat kacang yang justru baik untuk kesehatan.

 

Kacang Hijau

Sumber; dokter sehat – 11 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan, Baik untuk Jantung!

Suka bubur kacang hijau? Dibalik rasanya yang lezat dan bikin kenyang, kacang hijau punya banyak manfaat loh Girls. Selain kaya akan kandungan vitamin dan mineral, kacang hijau punya asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk bantu nurunin kadar kolesterol dalam darah. Penurunan kadar kolesterol ini akan ngebantu kamu supaya terhindar dari masalah kegemukan. Hebatnya lagi, kacang hijau juga bisa bantu kamu menghambat penyerapan lemak ke dalam tubuh loh, karena kandungan seratnya yang cukup banyak. Nggak cuma itu loh Girls, kacang hijau juga mengandung flavonoid dan asam amino yang baik untuk menghindari kamu dari risiko diabetes. Jadi, sekarang kamu nggak perlu takut gemuk lagi saat mengonsumsi kacang yang satu ini, asalkan ngga berlebihan ya, Girls.

 

Kacang Tanah

Sumber: dokter sehat – 11 Manfaat Kacang Tanah yang Menyehatkan Tubuh

Siapa sih yang nggak kenal sama kacang satu ini? Kacang yang sering banget jadi teman santai ketika nongkrong bareng besties ini ternyata nggak cuma enak tapi juga kaya akan manfaat. Selain memiliki asam amino yang baik untuk kesehatan saraf, kacang tanah mengandung dua jenis lemak, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh ini bisa bantu turunkan kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga bisa bantu kamu terhindar dari risiko kegemukan. Jadi, ngga selalu lemak yang ada dalam kacang itu bisa memicu kegemukan loh, Girls.

 

Kacang Kedelai

Sumber: dokter sehat – Terkenal Sebagai Olahan Susu, Ini 10 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan

Nah, kalau kacang yang satu ini nih pasti kamu sering liat dipakai buat sari minuman. Mau dikonsumsi langsung maupun dibuat sari kedelai, kacang yang satu ini memang enak kok. Kamu nggak perlu khawatir bakal gemuk kalau mengonsumsi kacang ini, karena menurut penelitian meta-analisis pada orang yang memiliki kolesterol tinggi, kacang kedelai bisa bantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Itu berarti dalam jumlah tertentu, kacang kedelai juga bisa bantu turunkan lemak jahat dan turunkan risiko kegemukan. Tapi ingat ya Girls, untuk selalu #KepoinKomposisi saat memilih minuman sari kedelai, karena sudah banyak yang ditambahi gula sebagai perasa.

 

Kacang Merah

Sumber: dokter sehat – Menakjubkan! 14 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bukannya bikin gemuk, kacang merah justru bisa bantu kamu buat nurunin berat badan. Kok bisa? Kandungan serat pada kacang yang satu ini bisa bikin kamu ngerasa kenyang lebih lama. Kalo kamu ngerasa kenyang lebih lama itu berarti kacang ini bisa bantu cegah overeating atau kelebihan makan yang membuatmu gemuk, Girls. Serat pada kacang merah juga baik untuk kesehatan pencernaan kamu loh.

Kacang emang mengandung lemak, tapi kacang juga punya lemak yang baik untuk turunkan risiko kegemukan. Contohnya kandungan lemak dari keempat kacang di atas. Lemak-lemak tersebut justru baik buat tubuh kamu, kan? Asalkan makannya nggak berlebihan dan diolah dengan baik ya. Pertimbangkan juga kebutuhan energi kamu dalam sehari supaya kamu ngga kelebihan kalori dan jadi gemuk. Nah, sekarang kamu nggak perlu takut lagi buat ngemil kacang. Pilih saja salah satu dari keempat kacang di atas. Selain murah juga mudah didapat. Buruan beli, Girls!